Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,
ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi
dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah
pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya,
komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan,
menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala,
mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Postingan ini berkaitan dengan komunikasi, dan saya akan membahas seorang customer service.
Bagaimana menjadi seorang customer service yang baik?- Bisa berkomunikasi dengan baik
- Kuasi produk
- Respon cepat
- Mampu meyakinkan pelanggan
- Berikan janji yang bisa diwujudkan
- Memberlakukan standar baku
- Tetap berikan yang terbaik untuk pelanggan
Berikut contoh komunikasi antara customer service dengan pelanggan di Bank:
A: Selamat siang Bu, Selamat Datang di Bank BCA. Apa yang bisa saya bantu?
B: Selamat siang Pak, saya ingin menyimpan uang dan saya juga perlu cetak buku rekening bank saya.
A: Oke, pertama-tama Anda harus menulis identitas Anda, tanggal transaksi, dan nominal uang yang ingin Anda simpan.
B: Oke, terima kasih Pak .. ini pak, saya sudah mengisinya.
A: oke, hari ini tanggal 27 Maret, nama Anda adalah Diana Putri, dan nominal uang Anda RP. 9.000.000. bisa saya menghitung uang Anda?
B: Tentu, ini dia Pak.
A: Oke, jumlahnya benar. Saya juga telah menyimpan uang Anda di rekening bank Anda. Dan ini adalah cetak rekening bank Anda. Semua transaksi Anda telah disimpan dalam buku ini. Anda dapat melihatnya di buku rekening bank Anda.
B: Baiklah, terima kasih Pak
A: Ya terima kasih kembali ibu atas transaksinya di bank kami. Semoga hari ibu menyenangkan.
B: Semoga hari Anda juga menyenangkan.
A: Selamat siang Bu, Selamat Datang di Bank BCA. Apa yang bisa saya bantu?
B: Selamat siang Pak, saya ingin menyimpan uang dan saya juga perlu cetak buku rekening bank saya.
A: Oke, pertama-tama Anda harus menulis identitas Anda, tanggal transaksi, dan nominal uang yang ingin Anda simpan.
B: Oke, terima kasih Pak .. ini pak, saya sudah mengisinya.
A: oke, hari ini tanggal 27 Maret, nama Anda adalah Diana Putri, dan nominal uang Anda RP. 9.000.000. bisa saya menghitung uang Anda?
B: Tentu, ini dia Pak.
A: Oke, jumlahnya benar. Saya juga telah menyimpan uang Anda di rekening bank Anda. Dan ini adalah cetak rekening bank Anda. Semua transaksi Anda telah disimpan dalam buku ini. Anda dapat melihatnya di buku rekening bank Anda.
B: Baiklah, terima kasih Pak
A: Ya terima kasih kembali ibu atas transaksinya di bank kami. Semoga hari ibu menyenangkan.
B: Semoga hari Anda juga menyenangkan.
SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
http://mebiso.com/menjadi-customer-service-yang-baik-dan-disukai-pelanggan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar