Sabtu, 24 Oktober 2015

Tulisan_3ss_pengantarbisnis

KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Postingan ini berkaitan dengan komunikasi, dan saya akan membahas seorang customer service.
Bagaimana menjadi seorang customer service yang baik?



  • Bisa berkomunikasi dengan baik
Di manapun tempatnya, seorang customer service wajib bisa berkomunikasi dengan baik. Bahasa yang dikeluarkan juga harus ramah, sopan, dan jelas.
  • Kuasi produk
Tidak lucu jika kita sudah pandai berkomunikasi namun kita tidak menguasai produk yang kita jual. Karena hal ini nanti bisa mengakibatkan pelanggan ragu akan kualitas barang yang kita pasarkan.
  • Respon cepat
Pelanggan selalu ingin pelayanan yang cepat. baik dalam memberikan informasi atau menyelesaikan suatu masalah.
  • Mampu meyakinkan pelanggan
Kemampuan untuk meyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh setiap customer service. Tentunya cara meyakinkan tersebut harus disertai dengan berbagai argumen yang dapat diterima akal sehat.
  • Berikan janji yang bisa diwujudkan
Jangan memberikan janji yang tidak mungkin jika hanya membuat citra perusahaan semakin baik. Jadilah realistis dan mengacu pada kenyataan.
  • Memberlakukan standar baku
Setiap layanan dan perlakuan terhadap pelanggan haruslah memiliki standar baku. Dengan begitu, setiap pelaku customer service wajib melakukan standar servis yang telah dibuat dan disetujui oleh perusahaan.
  • Tetap berikan yang terbaik untuk pelanggan
Intinya, jika kita mampu melayani semua pelanggan dengan baik, siapa pun mereka, maka secara otomatis pelanggan akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain di sekitarnya. Pengalaman keseluruhan tersebut akan dinilai oleh konsumen sebagai bagian dari entitas perusahaan yang memberikan layanan terbaik.


Berikut contoh komunikasi antara customer service dengan pelanggan di Bank:

A: Selamat siang Bu, Selamat Datang di Bank BCA. Apa yang bisa saya bantu?
B: Selamat siang Pak, saya ingin menyimpan uang dan saya juga perlu cetak buku rekening bank saya.
A: Oke, pertama-tama Anda harus menulis identitas Anda, tanggal transaksi, dan nominal uang yang ingin Anda simpan.
B: Oke, terima kasih Pak .. ini pak, saya sudah mengisinya.
A: oke, hari ini tanggal 27 Maret, nama Anda adalah Diana Putri, dan nominal uang Anda RP. 9.000.000. bisa saya menghitung uang Anda?
B: Tentu, ini dia Pak.
A: Oke, jumlahnya benar. Saya juga telah menyimpan uang Anda di rekening bank Anda. Dan ini adalah cetak rekening bank Anda. Semua transaksi Anda telah disimpan dalam buku ini. Anda dapat melihatnya di buku rekening bank Anda.
B: Baiklah, terima kasih Pak
A: Ya terima kasih kembali ibu atas transaksinya di bank kami. Semoga hari ibu menyenangkan.
B: Semoga hari Anda juga menyenangkan.

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
http://mebiso.com/menjadi-customer-service-yang-baik-dan-disukai-pelanggan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar